Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6914Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Variabel prestasi belajar dijadikan alat ukur atas perubahan perilaku yang terjadi pada siswa setelah menerima perlakuan atau pengalaman belajarnya, sedangkan variabel yang diamati dan diukur adalah keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar. Sampel penelitian adalah sampel jenuh yang merupakan total populasi sebanyak 36 orang siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post fact dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan data survei. Analisis data deskriptif digunakan untuk memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa melalui keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari uji prasyarat sampai dengan pengujian hipotesis. Dengan analisis data variabel X1, X2 dan Y diperoleh persamaan regresi Y = 42,018 + 0,383X1 + 0,228X2 + 0,618e, artinya setiap peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 1-unit maka prestasi belajar siswa meningkat 0,383-unit dan setiap peningkatan fasilitas belajar 1- unit maka prestasi belajar siswa meningkat 0,228-unit. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar secara parsial dan secara bersama-sama.Downloads
Published
2022-09-23
How to Cite
Pardede, S., Siallagan, O. M., Lumbantobing, N. N., & Manullang, L. M. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2632–2641. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6914
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Pardede, Okta Melika Siallagan, Nanny Natania Lumbantobing, Lidia Malumna Manullang
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).