Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah pada Penyelesaian Soal Cerita Matematika

Authors

  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8159

Abstract

Tingkat pemahaman siswa kelas rendah yang masih mengalami kesulitan membaca berpengaruh pada penyelesaian soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara membaca dengan penyelesaian soal matematika. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD N Dayu 03 gasal Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Teknik sampling menggunakan purposive sampling pada siswa dengan kategori prestasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa permasalahan membaca siswa di kelas rendah hendaknya diselesaikan di kelas I atau tingkat sebelumnya di TK. Siswa yang masih mengami permasalahan membaca perlu ditingkatkan kegiatan literasinya di sekolah maupun di rumah dengan guru membuatkan kegiatan yang memotivasi siswa yang dapat digunakan di sekolah dan di rumah dengan tema-tema yang dikaitkan dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Merutinkan untuk memberikan soal cerita matematika pada siswa agar siswa belajar membaca secara bermakna sekaligus belajar menjawab soal matematika.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Prihastari, E. B. . (2022). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah pada Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 328–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8159