Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantu LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Liana Budiyanti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Hera Heru Sri Suryanti Universitas Slamet Riyadi
  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12783

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 02 Kedungjeruk dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 27. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi serta observasi. Uji coba instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t-test tentang efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran Matematika di SDN 02 Kedungjeruk Tahun Ajaran 2021/2022, Diperoleh nilai pretest sebesar 62,9 dan nilai posttest sebesar 84,3, thitung sebesar = 18.565. nilai thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk (N-1) jadi (27-1) = 26. Jadi dapat disimpulkan nilai thitung ? ttabel yaitu 18.565 ? 1.7056, dengan perhitungan hasil N-gain sebesar 59,2 termasuk dalam kategori cukup efektif, maka perumusan hipotesis yang diajukan yaitu: model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 02 Kedungjeruk pada pembelajaran matematika Tahun Ajaran 2021/2022, terbukti. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Model pembelajaran NHT, Pembelajaran Matematika

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Liana Budiyanti, Suryanti, H. H. S. . ., & Prihastari, E. B. . (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantu LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 447–452. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12783