Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7970Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak pengaruh yang signifikan antara model belajar kooperatif teknik Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 122355 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Adapaun metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Di mana bentuk desain ekperimen yang peneliti gunakan yaitu pre-experimentaldesig. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan dan pengolahan data penelitian di SD Negeri 122355 Pematang Siantar berupa pretest dan posttestpada pre-experimetaldesign bentuk one-group pretest-posttestdesaign, diperoleh hasil adanya pengaruh yang signifikan antara model belajar kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV SD Negeri 122355 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Dan siswa mengalami perubahan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan teknik Jigsaw.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Siagian, Y. B. ., Tobing, M. lumban ., & Sibagariang, S. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7959–7967. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7970
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yohana Br Siagian, Minar lumban Tobing, Susy Alestriani Sibagariang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).