Analysis of Variables Affecting Customers in Using Mobile Applications: The Case of Mobile Application Recruitment Agent in Jakarta

Authors

  • Muhammad Iman Bina Nusantara University
  • Nilo Legowo Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7981

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi minat dan penggunaan sistem aplikasi ACL (Agency Contracting & Licensing) pada PT Allianz Life Insurance Indonesia dalam memotivasi pemasarnya yaitu Agen Asuransi untuk memanfaatkan aplikasi mobile ini. Berdasarkan data yang terkumpul yaitu pengguna sistem ACL pada tahun 2021, baru sekitar 25% dari total agen Asuransi Allianz yang telah menggunakan sistem (data diambil dari tim internal Allianz), menunjukkan bahwa masih banyak agen Asuransi Allianz yang lebih tertarik menggunakan manual dengan metode kertas untuk merekrut agen baru. Kurangnya penerimaan dan penggunaan sistem yang disiapkan perusahaan juga dapat digambarkan dengan data tersebut, dengan total 380 agen yang dipilih menggunakan perhitungan Slovin karena jumlah populasi yang relatif besar, dan akan menggunakan model UTAUT untuk dapat menggambarkan berbagai variabel yang mempengaruhi penerimaan individu terhadap suatu teknologi informasi (TI). Penelitian ini diyakini akan memberikan informasi tentang seberapa efektif penggunaan sistem informasi.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Iman, M. ., & Legowo, N. . (2022). Analysis of Variables Affecting Customers in Using Mobile Applications: The Case of Mobile Application Recruitment Agent in Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8050–8062. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7981