Analysis Of Factors Affecting Customers In Using Mobile Banking Application: The Case Of Mobile Banking In Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7980Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya transaksi digital dan semakin banyaknya bank yang meluncurkan aplikasi mobile banking untuk membantu mempermudah aktivitas keuangan sehari-hari nasabahnya. Dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi mobile banking. Metode TAM digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian dan dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang berhubungan dengan penerimaan aplikasi mobile banking. Faktor-faktor yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, dan branding. Penelitian ini dilakukan terhadap 400 responden yang merupakan nasabah salah satu bank di wilayah Jakarta dan telah menggunakan aplikasi mobile banking baru dari bank tersebut. Dari hasil penelitian ini akan diperoleh hasil yang menggambarkan apakah usability, convenience, security, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan mobile banking. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perbankan dalam meningkatkan pelayanannya ditinjau dari keempat faktor tersebut.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Widajanto, P. T. ., & Legowo, N. . (2022). Analysis Of Factors Affecting Customers In Using Mobile Banking Application: The Case Of Mobile Banking In Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8037–8049. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7980
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Pinkyvi Tiffany Widajanto, Nilo Legowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).