Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Hamran Hamran STKIP Pembangunan Indonesia
  • Eka Adnan Agung STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7865

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan tabel distribusi frekuensi dan persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun ajaran 2021/2022. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia Kelas 6/D yaitu sebanyak 33 mahasiswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 20 Perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa, dimana dari 33 orang mahasiswa, pada siklus I persentase rata-rata aktivitas belajarnya yaitu 46,38 persen, meningkat pada siklus II yaitu menjadi 71,56 persen. Sedangkan hasil belajarnya pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa sebesar 72,72 persen kemudian meningkat pada siklus II menjadi  90,90 persen.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Hamran, H., & Agung, E. A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6970–6979. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7865