Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7825Abstract
Penelitian ini didasari oleh minimnya pengunaan media pembelajaran Interaktif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tematik, sehingga siswa menjadi kurang minat dalam belajar karena pembelajaran yang monoton dan pengunaan media pembelajaran yang belum interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan mengembangkan media pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) atau dapat disingkat R&D yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluasi). Subjek dalam penelitian adalah: satu dosen sebagai uji validasi media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint, uji validasi materi, dan uji validasi desain pembelajaran. Penggumpulan data dilakukan melalui observasi dan instrument berupa angket validasi dari ahli untuk melihat kevalidan media interaktif berbasis Powerpoint yang telah dikembangkan. Data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan Teknik deskriptif kualitatif presentase dan kategori untuk menentukan nilai kevalidan media yang telah dikembangkan, kelayakan dan peningkatan hasil belajar siswa SD. hasil uji validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak, hasil uji validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak, dan hasil dari uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Romi, R., & Radia, E. H. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6921–6938. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7825
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Romi,Elvira Hoesein Radia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).