Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Authors

  • Romi Romi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Elvira Hoesein Radia Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7825

Abstract

Penelitian ini didasari oleh minimnya pengunaan media pembelajaran Interaktif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tematik, sehingga siswa menjadi kurang minat dalam belajar karena pembelajaran yang monoton dan pengunaan media pembelajaran yang belum interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan mengembangkan media pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) atau dapat disingkat R&D yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluasi). Subjek dalam penelitian adalah: satu dosen sebagai uji validasi media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint, uji validasi materi, dan uji validasi desain pembelajaran. Penggumpulan data dilakukan melalui observasi dan instrument berupa angket validasi dari ahli untuk melihat kevalidan media interaktif berbasis Powerpoint yang telah dikembangkan. Data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan Teknik deskriptif kualitatif presentase dan kategori untuk menentukan nilai kevalidan media yang telah dikembangkan, kelayakan dan peningkatan hasil belajar siswa SD. hasil uji validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak, hasil uji validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak, dan hasil dari uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Romi, R., & Radia, E. H. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6921–6938. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7825