Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Sumber Energi Sebagai Media Pembelajaran Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7820Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang ada yaitu pembelajaran masih menggunakan buku guru dan buku siswa sebagai acuan utama dalam pembelajaran, sehingga kurangnya kreatifitas dalam mengembangkan bahan ajar dan berpengaruh pada siswa menjadi pasif dalam belajar. Pembelajaran akan lebih menarik jika menggunakan media yang menarik dan menyenangkan serta sesuai dengan siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran berupa media Media Pembelajaran Pop-Up.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Pop-Up materi Sumber Energi kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Educational Research and Development (R & D). R & D adalah model penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini merupakan Media Pembelajaran Pop-Up pada Materi Sumber Energi Kelas 3 SD. Secara umum design pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall yang meliputi sepuluh tahapan. Dari 10 tahap ini tidak digunakan semuanya, sehingga adanya pembatasan langkah pelaksanan penelitian. Produk yang dikembangkan adalah media pop-up dan model yang akan digunakan ialah ADDIE yang meliputi 5 tahapan yang terdiri dari Analysis, Design, Develop, Implement, & Evaluate. Memiliki lima langkah yang terdapat pada model ADDIE adalah bentuk penyederhanaan dari model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan 3 aspek yaitu valid, praktis dan efektif.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Venny, R. ., & Radia, E. H. . (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Sumber Energi Sebagai Media Pembelajaran Kelas 3 SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6876–6887. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7820
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rosizha Venny, Elvira Hoesein Radia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).