Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Sumber Energi Sebagai Media Pembelajaran Kelas 3 SD

Authors

  • Rosizha Venny Universitas Kristen Satya Wacana
  • Elvira Hoesein Radia Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7820

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang ada yaitu  pembelajaran masih menggunakan buku guru dan buku siswa sebagai acuan utama dalam pembelajaran, sehingga kurangnya kreatifitas dalam mengembangkan bahan ajar dan berpengaruh pada siswa menjadi pasif dalam belajar. Pembelajaran akan lebih menarik jika menggunakan media yang menarik dan menyenangkan serta sesuai dengan siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran berupa media Media Pembelajaran Pop-Up.Penelitian ini memiliki tujuan untuk  mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Pop-Up materi Sumber Energi kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Educational Research and Development (R & D). R & D adalah model penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang akan dikembangkan  dalam penelitian ini merupakan Media Pembelajaran Pop-Up pada Materi Sumber Energi Kelas 3 SD. Secara umum design pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall yang meliputi sepuluh tahapan. Dari 10 tahap ini tidak digunakan semuanya, sehingga adanya pembatasan langkah pelaksanan penelitian. Produk yang dikembangkan adalah media pop-up dan model yang akan digunakan ialah ADDIE yang meliputi 5 tahapan yang terdiri dari Analysis, Design, Develop, Implement, & Evaluate. Memiliki lima langkah yang terdapat pada model ADDIE adalah bentuk penyederhanaan dari model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan 3 aspek yaitu valid, praktis dan efektif.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Venny, R. ., & Radia, E. H. . (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Sumber Energi Sebagai Media Pembelajaran Kelas 3 SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6876–6887. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7820