Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 2 di Kelas IV SD

Authors

  • Mawar Sijabat Universitas HKBP Nommensen
  • Jumaria Sirait Universitas HKBP Nommensen
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7754

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap individu agar tercapainya sebuah cita-cita dan keinginan. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya fokus memahami isi buku dan mendengar penjelasan guru tanpa adanya contoh berupa gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu TA 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest. Dimana pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas control. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negri 097319 Siopat Suhu yang berjumlah 25 orang dimana yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 10 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berbentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Hal ini diketahui dari pemerolehan nilai thitung>ttabel (4,248>2,063) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu TA 2022/2023.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sijabat, M. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 2 di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6566–6575. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7754

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3