Peran Intelijen Maritim Guna Membangun Budaya Maritim Indonesia sebagai Pilar dalam Kebijakan Poros Maritim Dunia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7599Abstract
Tulisan ini berisi hasil penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan tentang peran yang dapat dimainkan oleh komunitas intelijen maritim di Indonesia untuk membantu pemerintah dalam upayanya membangun kembali budaya maritim Indonesia yang merupakan pilar pertama dari lima pilar utama untuk mewujudkan nusantara. negara sebagai tumpuan maritim global. Mengenai budaya bahari di Indonesia, orang awam akan naif berpikir bahwa secara otomatis akan menjadi identitas nasional bangsa Indonesia, mengingat negara ini adalah negara kepulauan dan nenek moyang Indonesia dikenal sebagai pelaut tangguh yang telah menaklukkan lautan. Namun, kolonialisme dan alasan politik di masa lalu telah menyebabkan Indonesia begitu lama mengabaikan banyak potensi yang berasal dari kekayaan sumber daya maritimnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Beberapa teori tentang budaya, budaya maritim, pembentukan identitas, identitas nasional dan fungsi intelijen maritim dikonsultasikan untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang keberadaan budaya maritim di Indonesia dan kemungkinan komunitas intelijen maritim untuk merevitalisasinya yang saat ini mulai memudar. Setelah melakukan studi pustaka, dapat disimpulkan bahwa komunitas intelijen maritim pasti akan dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam program pengembangan kembali budaya maritim di Indonesia melalui tiga fungsi utamanya: investigasi, kontra-intelijen dan psy-war untuk menciptakan kepastian. kondisi yang kondusif bagi budaya bahari di Indonesia untuk memperoleh kembali tempat dan eksistensinya dalam kehidupan berbangsa untuk mewujudkan cita-citanya menjadi poros maritim dunia.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
P, W. P. ., Moeljadi, M., Kusumaningrum, A. ., & Wijaya, W. W. . (2022). Peran Intelijen Maritim Guna Membangun Budaya Maritim Indonesia sebagai Pilar dalam Kebijakan Poros Maritim Dunia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5785–5795. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7599
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widyanto Pudyo P, Moeljadi, Adi Kusumaningrum, Windu Wahyu Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).