Meningkatkan Self-Efficacy Keputusan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Hari

Authors

  • Maisarah Maisarah Universitas Negeri Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7566

Abstract

Banyak individu kurang efektif dalam pengambilan keputusan karir yang ditandai dengan tidak mengetahui cara-cara membuat keputusan karir, tidak mengetahui langkah-langkah dalam membuat keputusan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan teknik Purposive sampling yang melibatkan 32 orang siswa yang di bagi kedalam dua kelompok. Kelompok eksperimen terdiri dari dari 16 orang mendapatkan layanan informasi karir dan kelompok lain yang terdiri dari 16 orang sebagai kelompok kontrol.  Self-efficacy keputusan karir siswa pada kelompok eksperimen skor tertinggi pre-test yaitu 12,5%,tinggi 12,5%,sedang 43,74%, redah 12,5%,sangat rendah 18,75%. Sedangkan post-test skor sangat tinggi 12,5%,tinggi 37,5%,sedang 31,25%,rendah 12,5%, sangat rendah 6,25%. Pada kelompok kontrol pre-test 12,5%,tinggi 25%,sedang 37,5%,rendah 12,5%,sangat rendah 12,5%. Post-test tinggi 12,5%, tinggi 25%,sedang 6,25%, rendah 12,5%,sangat rendah 43,75%. Secara keseluruhan selft-efficacy meningkat secara signifikan setelah diberikan layanan informasi karir Sig. (2-tailed) < 0.05 (0,001 <0.05). Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan  nilai Sig. (2-tailed) > 0.05 (0,256>0.05.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Maisarah, M. (2022). Meningkatkan Self-Efficacy Keputusan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier di Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5615–5625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7566

Most read articles by the same author(s)