Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sukadamai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7509Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses perubahan yang terjadi seumur hidup yang berlaku bagi setiap orang. Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat. Adanya kebijakan pemerintah tersebut seharusnya dapat meringankan beban orang tua untuk menyekolahkan anak mereka hingga tamat. Namun hingga saat ini tentu saja tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masalah putus sekolah tetap masih terjadi di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Untuk mendeskripsikan faktor- faktor apa saja yang menjadi penyebab putus sekolah di Desa Sukadamai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional yang dipelopori olah Robert K Merton. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitiatif. Informan penelitian dipilih secara purposive sampling (menetapkan kriteria). Teknik pengumpulan data yang dilakukan cara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Unit analisis dalam penelitian adalah kelompok. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitiaan menunjukan bahwa faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Sukadamai ada 5 yaitu: (1) Latar belakang pendidikan orang tua dengan jumlah 11%,(2) Ekonomi dengan jumlah 26%, (3) Kurangnya perhatian orang tua dengan jumlah 15%, (4) Teman sebaya dengan jumlah 18%, (5) Kurangnya minat anak untuk bersekolah dengan jumlah 30%.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Utami, R. ., Harisnawati, H., & Akbar, W. K. . (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sukadamai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5387–5397. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7509
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rido Utami, Harisnawati, Waza Karia Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).