Strategi Mencegah Anak Putus Sekolah Dasar Di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.17010Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses yang terjadi didalam kehidupan seseoran seperti yang terjadi di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok, banyak anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau putus sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan Strategi Mencegah Anak Putus Sekolah Dasar di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional yang dipelopori oleh Robert K Merton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mencegah anak putus sekolah dasar ada 4 yaitu 1) Orang Tua yaitu memberikan motivasi, perhatian, menyediakan fasilitas belajar untuk anak, memberikan hadiah. 2) Masyarakat yaitu memberikan bantuan. 3) Guru yaitu memberikan dorongan, motivasi. 4) Pemerintah yaitu memberikan bantuan KIP, PKH, PIPDownloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Resta, F. A. ., Harisnawati, H., & Akbar, W. K. . (2023). Strategi Mencegah Anak Putus Sekolah Dasar Di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6035–6044. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.17010
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Febrina Anda Resta, Harisnawati,Waza Karia Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).