The Effect of Realia as Teaching Media in Students’ Writing of Descriptive Text at Eight Grade in SMP N 6 Pangaribuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7462Abstract
Realia adalah benda nyata yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat dilihat, diraba, dilihat, dan diamati melalui panca indera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran realia dalam menulis teks deskriptif siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan penelitian kuantitatif eksperimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan. Peneliti mengambil kelas 8-A sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas 8-B yang terdiri dari 20 siswa. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa, sampel dipilih secara acak. Instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes menulis. Kemudian tes dibagi menjadi dua yaitu pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen adalah 61,65 dan post-test adalah 74,6. Nilai rata-rata pre-test pada kelompok kontrol adalah 62,25 dan post-test adalah 66,25. Hal ini dilakukan agar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil bahwa t-hitung > t-tabel sebagai taraf signifikansi p = 0,05(10 > 2,024). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan Realia sebagai media pembelajaran dalam menulis teks deskriptif siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan.Downloads
Published
2020-10-12
How to Cite
Harianja, H. M. ., Purba, P. ., purba, A. L. ., & Silalahi, D. E. . (2020). The Effect of Realia as Teaching Media in Students’ Writing of Descriptive Text at Eight Grade in SMP N 6 Pangaribuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5146–5157. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7462
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Helga Meyer Harianja, Pirngadita Purba, Agnes Laura purba, Dumaris E. Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).