Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Melalui Implementasi Perencanaan Strategis Disekolah Menengah Pertama

Authors

  • Andi Warisno Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.7439

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan strategis dalam peningkatan kualitas pendidik. Untuk menjawab masalah penelitian digunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dianalisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji validitas data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik penelitian. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan renstra di SMP Negeri 24 Bandar Lampung sudah baik, diantaranya: Kepala madrasah melakukan beberapa langkah perencanaan yaitu membentuk tim khusus sebagai inisiator pembuatan renstra dari berbagai sumber yang mumpuni. , membagi kelompok dengan tugas masing-masing; mengidentifikasi dan mengkaji berbagai peraturan perundang-undangan dan kebijakan madrasah tentang peningkatan kualitas pendidik; mewujudkan visi, misi, dan nilai-nilai madrasah; menganalisis SWOT. Kegiatan ini dibantu oleh tim yang dibentuk; mengidentifikasi isu-isu strategis yang dihadapi. Pelaksanaan renstra di SMP Negeri 24 Bandar Lampung meliputi beberapa tindakan seperti mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dengan mengadakan pertemuan untuk menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan dan sasaran utama kegiatan serta penanggung jawab kegiatan dan anggota mereka. Dalam pemilihan sasaran seperti pelatihan, kepala madrasah melakukannya secara acak. Selama pelaksanaan, kepala madrasah memastikan komunikasi yang baik antar anggota. Selain itu, kepala madrasah bersama yayasan juga mengontrol pelaksanaan kegiatan. Evaluasi perencanaan strategis dilakukan secara berkala. Evaluasi pada pertemuan awal tahun, membahas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk tahun berikutnya, penyusunan rencana jadwal kegiatan dan penanggung jawab kegiatan. Pada akhir semester, pertemuan membahas program-program yang telah dilaksanakan, hambatan-hambatan yang terjadi selama kegiatan, dan program/kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun tersebut dan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Warisno , A. . (2021). Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Melalui Implementasi Perencanaan Strategis Disekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 197–206. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.7439

Issue

Section

Articles