Meningkatkan Mutu Melalui Implementasi Manajemen Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.7776Abstract
Manajemen pendidikan adalah suatu penataan bidang garapan pendidikan yang dilakukan melalui aktifitas perencanaan, pengorganisasian,penyusunan, staf, pembinaan, pengkoordinasian, pengkomunikasian, pemotivasian, penganggaran, pengendalian, pengawasan, penilaiandan pelaporan secara sitematis yang dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan secara berkualitas. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai Maret 2022 dengan lokasi di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian deskriptif ini dirancang untuk memperoleh informasi tentang implementasi manajemen pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung dengan mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan. Sumber data diperoleh dari sumber data primer maupun sumber data sekunder. Kemudian jenis data yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah bersifat skematik,narasi,dan uraian,juga penjelasan data dari informan baik lisan maupun data dokumen yang ditulis, perilaku subjek yang diamati dilapanganjuga menjadi data dalam pengumpulan hasil penelitian ini seperti: rekaman video audo, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun implementasi manajemen yang dilaksanakan di MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung adalah dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pendidikan yakni dengan menjalankan kepemimpinan yang mempunyai wawasan jauh kedepan dan berupaya memperbaiki dan mengembangkan organisasi bukan saat ini saja tetapi untuk masa depan (visioner)Downloads
Published
2021-08-31
How to Cite
Efrina, . L. ., & Warisno, A. . (2021). Meningkatkan Mutu Melalui Implementasi Manajemen Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 214–219. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.7776
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Lisa Efrina, Andi Warisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).