Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Kelas III SD Tema 6 Energi Dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7363Abstract
Penyampaian materi pelajaran atau bahan ajar memerlukan adanya suatu media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan harus sesuai tingkat kemampuan peserta didik. Multimedia interaktif merupakan salah satu multimedia yang dirancang agar penyampaian suatu pesan atau informasi dapat dilakukan dengan interaktif oleh penggunanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui Keefektivan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Peserta Didik Kelas III SD Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan menggunakan dua kelas sebagai sample, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. pada Analisis Uji T Antara Multimedia Interaktif (X) Terhadap Keterampilan Generik Sains (Y1) didapatkan hasil bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil perhitungan t hitung sebesar 76.984 > 1,73406 taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan pada Analisis Uji T Antara Multimedia Interaktif (X) Terhadap Karakter (Y2) didapatkan hasil bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil perhitungan t hitung sebesar 2.621 > 1,73406 taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa Multimedia Interaktif berbasis keterampilan generik sains terintegrasi karakter efektif terhadap karakter kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya.Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Rana, . R. N. ., Ashari, . A., & Ngazizah, N. . (2022). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Kelas III SD Tema 6 Energi Dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4609–4613. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7363
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Roja Nada Rana, Ashari, Nur Ngazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).