Efektivitas Penggunaan Majalah Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Kelas III SD Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6182Abstract
Keterampilan generik sains dan karakter merupakan bagian penting dalam pengembangan anak, terutama pada anak usia sekolah dasar. Berdasarkan observasi yang dilakukan keterampilan generik sains dan karakter peserta didik masih rendah. Kurangnya variasi penggunaan perangkat pembelajaran menjadi salah satu penyebabnya. Majalah adalah perangkat pembelajaran berisi teks dan gambar yang menarik untuk anak sekolah dasar. Pengembangan majalah banyak dilakukan akan tetapi penggunaan majalah belum diterapkan di kegiatan pembelajaran, sehingga perlu adanya pengujian dalam penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan majalah berbasis keterampilan generik sains terintegrasi karakter pada kelas III SD tema 6 energi dan perubahannya. Metode penelitian berupa kuasi eksperimen pretest postest grup dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen dan sampel yang diambil berasal dari Sekolah Dasar yang ada di wilayah Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan rumus statistika uji-t.Hasil analisis dengan taraf signifikasnsi 5% menunjukan bahwa Sig. (2-tailed) keterampilan generik sains dan karakter adalah 0,000< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan majalah berbasis keterampilan generik sains terintegrasi karakter efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Setiawan, . A. ., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Majalah Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Kelas III SD Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4489–4494. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6182
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andi Setiawan, Ashari, Nur Ngazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).