Korelasi Antara Fomo Syndrome Dengan Self-Esteem Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Alalak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7280Abstract
Perkembangan internet yang cepat membentuk perilaku FoMO yaitu rasa cemas serta takut tertinggal informasi yang sedang trending. Berhubungan dengan FoMO yang membuat manusia mengalami ketakutan dan menyebabkan individu mengikuti individu lainnya, maka harga diri dari individu tersebut menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara FoMO dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Tujuan hipotesis dalam penelitian ini adalah memperoleh hubungan FoMo dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa angket model sekala likert, dengan metode teknik rendom sampling. Populasi siswa kelas XI berjumlah 139 orang. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Menunjukan hasil anlaisis data bahwa terdapat hasil signifikan antara FoMO dengan self-esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Alalak. Dengan arah hubungan dari kedua variabel pada penelitian tersebut adalah positif yang mana hipotesis tersebut diterima.Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Handayani, E. S. ., Farial, F., & Bertisya, A. P. (2022). Korelasi Antara Fomo Syndrome Dengan Self-Esteem Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Alalak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4798–4806. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7280
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eka Sri Handayani, Farial Farial, Agidya Puput Bertisya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).