Faktor Penghambat Peserta Didik Bertanya dalam Proses Pembelajaran pada Kelas IX di SMP Negeri 9 Padang

Authors

  • Dina Marlina Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Zulkifli Zulkifli Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rici Kardo Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7249

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor penghambat peserta didik bertanya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal : 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha untuk menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 9 Padang yang berjumlah 200 orang peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 64 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Secara umum faktor penghambat peserta didik bertanya berada pada kategori rendah, 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 50,0% 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal berada pada kategori sangat tinggi denngan persentase 54,7%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran lebih banyak mengalami hambatan dari faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti rekomendasikan kepada guru mata pelajaran untuk dapat mengetahui faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Marlina, . D. ., Zulkifli, Z., & Kardo, R. . (2022). Faktor Penghambat Peserta Didik Bertanya dalam Proses Pembelajaran pada Kelas IX di SMP Negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3987–3994. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7249