Faktor Penghambat Peserta Didik Bertanya dalam Proses Pembelajaran pada Kelas IX di SMP Negeri 9 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7249Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor penghambat peserta didik bertanya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal : 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha untuk menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 9 Padang yang berjumlah 200 orang peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 64 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Secara umum faktor penghambat peserta didik bertanya berada pada kategori rendah, 1) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor internal berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 50,0% 2) Faktor penghambat peserta didik bertanya dilihat dari faktor eksternal berada pada kategori sangat tinggi denngan persentase 54,7%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran lebih banyak mengalami hambatan dari faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti rekomendasikan kepada guru mata pelajaran untuk dapat mengetahui faktor penghambat peserta didik bertanya dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-05
How to Cite
Marlina, . D. ., Zulkifli, Z., & Kardo, R. . (2022). Faktor Penghambat Peserta Didik Bertanya dalam Proses Pembelajaran pada Kelas IX di SMP Negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3987–3994. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7249
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dina Marlina, Zulkifli, Rici Kardo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).