Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Nasionalisme, dan Patriotisme Siswa melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Gedangan

Authors

  • Lucky Sha’as Hadiputri Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7222

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang harapan masyarakat Indonesia memahami pendidikan karakter disiplin, nasionalisme, dan patriotisme pada dunia pendidikan melalui ekstrakurikuler pramuka di lingkungan sekolah khususnya SMAN 1 Gedangan, Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses penanaman nilai karakter disiplin, nasionalisme, dan patriotisme di SMA Negeri 1 Gedangan beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan teori dari Thomas Lickona. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan adalah pembina pramuka, penanggung jawab ekstrakurikuler, dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian adalah proses penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka seperti pembiasaan apel, pembuatan karya ecoprint, dan pembuatan gantungan pot dari tali. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter disiplin, adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah kerja sama baik yang terjalin oleh skateholder sekolah. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah kreatifitas pembina pramuka. Faktor penghambat proses penanaman nilai karakter disiplin adalah pemberian sanksi pada masa pandemi. Faktor penghambat proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi. Faktor penghambat proses penanamn nilai karakter patriotisme adalah biaya yang dikeluarkan dalam jumlah banyak.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Hadiputri, L. S. ., & Listyaningsih, L. (2022). Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Nasionalisme, dan Patriotisme Siswa melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Gedangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3840–3858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7222