Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Nasionalisme, dan Patriotisme Siswa melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Gedangan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7222Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang harapan masyarakat Indonesia memahami pendidikan karakter disiplin, nasionalisme, dan patriotisme pada dunia pendidikan melalui ekstrakurikuler pramuka di lingkungan sekolah khususnya SMAN 1 Gedangan, Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses penanaman nilai karakter disiplin, nasionalisme, dan patriotisme di SMA Negeri 1 Gedangan beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan teori dari Thomas Lickona. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan adalah pembina pramuka, penanggung jawab ekstrakurikuler, dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian adalah proses penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka seperti pembiasaan apel, pembuatan karya ecoprint, dan pembuatan gantungan pot dari tali. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter disiplin, adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah kerja sama baik yang terjalin oleh skateholder sekolah. Faktor pendukung proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah kreatifitas pembina pramuka. Faktor penghambat proses penanaman nilai karakter disiplin adalah pemberian sanksi pada masa pandemi. Faktor penghambat proses penanaman nilai karakter nasionalisme adalah pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di masa pandemi. Faktor penghambat proses penanamn nilai karakter patriotisme adalah biaya yang dikeluarkan dalam jumlah banyak.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Hadiputri, L. S. ., & Listyaningsih, L. (2022). Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Nasionalisme, dan Patriotisme Siswa melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Gedangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3840–3858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7222
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lucky Sha’as Hadiputri, Listyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).