Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9691Abstract
Gerakan literasi di SMA Negeri 2 Tuban telah dilaksanakan pada tahun 2019, Dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban memunculkan tantangan baru bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh sekolah dalam melaksana kan literasi budaya dan kewargaan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PPKn, Guru Seni Budaya, Guru Prakarya dan empat orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban diantaranya dengan melalui (1) pengintegrasian literasi budaya dan kewargaan melalui kegiatan pembelajaran, (2) kampanye program menulis buku dengan muatan lokal bagi guru dan siswa, (3) meningkatkan minat siswa terhadap budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan karawitan, dan (4) kegiatan pembiasaan berbasis budaya sekolah.Downloads
Published
2022-12-04
How to Cite
Putri, N. A. ., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8435–8459. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9691
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nanda Artika Putri, Listyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).