Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban

Authors

  • Nanda Artika Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9691

Abstract

Gerakan literasi di SMA Negeri 2 Tuban telah dilaksanakan pada tahun 2019, Dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban memunculkan tantangan baru bagi sekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh sekolah dalam melaksana kan literasi budaya dan kewargaan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PPKn, Guru Seni Budaya, Guru Prakarya dan empat orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dalam melaksanakan literasi budaya dan kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban diantaranya dengan melalui (1) pengintegrasian literasi budaya dan kewargaan melalui kegiatan pembelajaran, (2) kampanye program menulis buku dengan muatan lokal bagi guru dan siswa, (3) meningkatkan minat siswa terhadap budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan karawitan, dan (4) kegiatan pembiasaan berbasis budaya sekolah.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Putri, N. A. ., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8435–8459. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9691