An Analysis of Efl Students' Anxiety In English Speaking: A Case Study At Vocational School

Authors

  • Firlly Putra Diptiya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Praditya Putri Utami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7182

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi kecemasan siswa EFL dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus menggunakan kuesioner survei dan wawancara. Data ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan dan dilanjutkan dengan wawancara semi terstruktur. 10 siswa SMK Sehati Karawang sebagai responden kuesioner dan 5 siswa bersedia mengikuti wawancara semi terstruktur. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar kecemasan berbicara siswa di SMK Sehati Karawang adalah rasa takut membuat kesalahan dan takut dihakimi secara negatif oleh teman-temannya. Rekomendasi yang digunakan untuk mengurangi kecemasan berbicara mereka adalah dengan menarik napas sebelum bergerak maju untuk percaya diri dan membaca kembali konteks yang diberikan.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Diptiya, F. P. ., & Utami, P. P. . (2022). An Analysis of Efl Students’ Anxiety In English Speaking: A Case Study At Vocational School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3605–3608. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7182