The Effectiveness of Picture And Picture Method On Secondary Students’ Reading Comprehension In Procedure Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7080Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan metode Picture and Picture pada membaca pemahaman teks prosedur siswa. (2) mengetahui tanggapan siswa tentang metode Picture and Picture dalam pembelajaran membaca pemahaman teks prosedur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Karawang Barat dengan mengambil kelas VIII K sebagai sampel penelitian yang berjumlah 35 siswa. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini, yaitu: pre-test, treatment, dan post-test beserta angket. Hasil temuan menunjukkan nilai rata-rata pre-test ke post-test kelas eksperimen (dari 43,40 ke 89,71). Analisis penelitian menggunakan uji t sampel berpasangan. Besarnya peningkatan hasil penelitian dihitung dengan menggunakan uji N-Gain Score diperoleh 0,80 atau 80% dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat dengan hasil perhitungan nilai signifikansi (Sig. 2 tailed) pada taraf sebesar (=0,000) < ? (0,05). Respon siswa mengenai penggunaan metode Picture and Picture dalam pembelajaran membaca pemahaman teks prosedur sudah baik pada sepuluh pernyataan angket, hasilnya terlihat dari rata-rata jumlah siswa yang menjawab angket dengan pendapat sangat baik dan baik adalah 60%. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Picture and Picture pada membaca pemahaman teks prosedur.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Ramo, . . A. S. ., Utami, P. P. ., & Wahyuna, Y. T. . (2022). The Effectiveness of Picture And Picture Method On Secondary Students’ Reading Comprehension In Procedure Text. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3097–3102. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7080
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alifia Salsabila Ramo, Praditya Putri Utami, Yuna Tresna Wahyuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).