Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP

Authors

  • Intan Nur Khomaria Universitas Negeri Surabaya
  • Durinda Puspasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6993

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap e-modul berbasis model learning cycle pada materi Media Komunikasi Humas kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Model pengembangan menggunakan 4-D (four D model), namun dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan hingga pada tahap develop. Subjek penelitiannya adalah kelas XI OTKP 1 sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan e-modul berbasis model learning cycle pada materi Media Komunikasi Humas menggunakan model pengembangan 4-D yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap develop disebabkan keterbatasan penelitian; 2) kelayakan e-modul berbasis model learning cycle pada materi Media Komunikasi Humas memperoleh rata-rata hasil persentase ahli materi sebesar 97% dengan kriteria (sangat layak), ahli bahasa sebesar 94,2% (sangat layak), dan ahli kegrafikan sebesar 92% (sangat layak); dan 3) respon siswa terhadap e-modul berbasis model learning cycle pada materi Media Komunikasi Humas sebesar 98,5% (sangat layak) dengan mendapatkan tanggapan baik oleh siswa.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Khomaria, . I. N. ., & Puspasari, D. . (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2492–2503. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6993