Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Visual Novel pada Materi Penyelenggaraan Rapat Teleconference di SMK IPIEMS Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6792Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengembangan serta kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif game visual novel pada materi penyelenggaraan rapat teleconference di SMK IPIEMS Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran interaktif game visual novel pada materi penyelenggaraan rapat teleconference menggunakan model pengembangan ADDIE menunjukkan persentase 89 % dari hasil kelayakan media pembelajaran interaktif game visual novel dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh para ahli. Rerata persentase hasil respon siswa sebesar 92%. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran game visual novel pada materi penyelenggaraanDownloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Rosanti, . . A. A. ., & Puspasari, D. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Visual Novel pada Materi Penyelenggaraan Rapat Teleconference di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1444–1457. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6792
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alief Amelia Rosanti, Durinda Puspasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).