Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Visual Novel pada Materi Penyelenggaraan Rapat Teleconference di SMK IPIEMS Surabaya

Authors

  • Alief Amelia Rosanti Universitas Negeri Surabaya
  • Durinda Puspasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6792

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengembangan serta kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif game visual novel pada materi penyelenggaraan rapat teleconference di SMK IPIEMS Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran interaktif game visual novel pada materi penyelenggaraan rapat teleconference menggunakan model pengembangan ADDIE menunjukkan persentase 89 % dari hasil kelayakan media pembelajaran interaktif game visual novel dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh para ahli. Rerata persentase hasil respon siswa sebesar 92%. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran game visual novel pada materi penyelenggaraan

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Rosanti, . . A. A. ., & Puspasari, D. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Visual Novel pada Materi Penyelenggaraan Rapat Teleconference di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1444–1457. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6792