Analisis Implementasi dan Kendala Penerapan Kurikulum 2013 pada SD Kelas Awal (Studi Kasus di SD 104/III Koto Iman)

Authors

  • Amalia Husna Universitas Negeri Padang
  • Rosita Wondal Universitas Khairun Ternate
  • Umikalsum Arfa Universitas Khairun Ternate
  • Winda Oktaviani Universitas Khairun Ternate
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6939

Abstract

Kurikulum menjadi isu yang serius dalam menyongsong pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 adalah suatu kebijakan baru pemerintah pada bidang pendidikan yg dibutuhkan agar dapat menjawab tantangan & dilema yg akan dihadapi bangsa Indonesia ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi  dan kendala penerapan kurikulum 2013  pada sd kelas awal di SD 104/III Koto Iman. Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus yang termasuk pada jenis penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk-bentuk dari Implementasi kurikulum 2013 pada kelas awal di SD 104/III Koto Iman adalah: (1) membuat perangkat pembelajaran; (2) pembelajaran tidak hanya menekankan pada aspek kognitif; (3) penilaian autentik; (4) pembelajaran berbasis tematik; (5) menggunakan pendekatan saintifik; (6) menggunakan model pembelajaran projek; dan (7) strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Adapun kendala-kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada kelas awal di SD 104/III Koto Iman adalah: (1) Keahlian Guru dalam Merencanakan Pembelajaran di Sekolah; (2) Kurangnya Media Pembelajaran; (3) Kurangnya Sarana dan Prasarana. Untuk mengatasi kendala ini, perencanaan dalam implementasi Kurikulum 2013 harus dilakukan secara matang.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Husna, . A. ., Wondal, R. ., Arfa, U. ., Oktaviani, W. ., & Suharyat, Y. . (2022). Analisis Implementasi dan Kendala Penerapan Kurikulum 2013 pada SD Kelas Awal (Studi Kasus di SD 104/III Koto Iman). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2252–2264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6939