Meta-Analisis: Pengaruh E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajara IPA Di Indonesia

Authors

  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi
  • Tomi Apra santosa Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • suhaimi suhaimi IAIN Kerinci
  • Revi Gina Gunawan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11673

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam Pembelajara IPA di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian meta-analisis. Data penelitian ini berasal dari analisis 14 artikel jurnal nasional yang telah terbit dari tahun 2019-2023. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari penelusuran jurnal dari google scholar, Eric dan Wiley journal. Teknik pengambilan data dengan observasi langsung dengan menelusuri jurnal yang mempunyai keterkaitan dengan variabel penelitian. Pencarian sumber menggunakan data kunci yaitu E-modul, pembelajaran problem based learning dan bahan ajar. Analisis data adalah analisis statistik deskriptif dengan aplikasi comprehensive meta-analysis (CMA). Analisis data dengan menghitung nilai effect size, mean, dan standar deviasi. Serta nilai N-gain. Hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan e-modul dalam pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa Indonesia.  Hal ini dapat dilihat dari nilai effect size sebesar 1.105 , nilai rata-rata siswa sebesar 77.5 , Standdar deviasi sebesar 0.23 dan N-gain sebesar 0.66. Pengembangam e-modul ini  menjadi solusi utama dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di Indonesia. Tak hanya itu, e-modul memberikan hasil positif dalam mendorong hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Suharyat, Y. ., Tomi Apra santosa, Zulyusri, Z., suhaimi, suhaimi, & Gunawan, R. G. . (2023). Meta-Analisis: Pengaruh E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajara IPA Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5069–5076. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11673