Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6935Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam memahami dan menguasai matematika masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi, yaitu untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas III. Teknik Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian, wawancara dan studi dokumen kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil tes dan wawancara diketahui pemahaman konsep matematika siswa cukup baik. Dalam indikator pertama siswa memiliki pemahaman sebesar 80%, indikator kedua sebesar 90%, indikator ketiga 90% dan indikator keempat sebesar 70%. Simpulan untuk pemahaman konsep matematika siswa kelas III dalam materi bangun datar memiliki kemampuan pemahaman konsep yang cukup baik, Siswa dapat mengisi soal dalam kategori mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh dengan baik, menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, tabel, diagram, gambar, grafik serta kalimat matematis dengan benar, memahami dan menerapkan ide matematis dengan baik dan membuat suatu perkiraan dengan benar.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Amaliyah, A. ., Unaenah, . E. ., & Humaira, S. F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2213–2218. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6935
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aam Amaliyah, Een Unaenah, Shopie Firda Humaira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).