Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kabupaten Tangerang

Authors

  • Aam Amaliyah Universitas Muhammadiyah Tangerang.
  • Een Unaenah Universitas Muhammadiyah Tangerang.
  • Shopie Firda Humaira Universitas Muhammadiyah Tangerang.

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6935

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam memahami dan menguasai matematika masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi, yaitu untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas III. Teknik Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian, wawancara dan studi dokumen kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil tes dan wawancara diketahui pemahaman konsep matematika siswa cukup baik. Dalam indikator pertama siswa memiliki pemahaman sebesar 80%, indikator kedua sebesar 90%, indikator ketiga 90% dan indikator keempat sebesar 70%. Simpulan untuk pemahaman konsep matematika siswa kelas III dalam materi bangun datar memiliki kemampuan pemahaman konsep yang cukup baik, Siswa dapat mengisi soal dalam kategori mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh dengan baik, menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, tabel, diagram, gambar, grafik serta kalimat matematis dengan benar, memahami dan menerapkan ide matematis dengan baik dan membuat suatu perkiraan dengan benar.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Amaliyah, A. ., Unaenah, . E. ., & Humaira, S. F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2213–2218. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6935