Pengaruh Strategi Point Counterpoint terhadap Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6573Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi point counterpoint terhadap kemampuan berbicara terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, menggunakan pendekatan quantitatif. Dalam penelitian quasi eksperimen, peneliti membagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok treatment yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Kelas yang akan dijadikan penelitian adalah kelas V SD Negeri Bojong 3 kota Tangerang semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 40 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan berbicara pada pelajaran bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Maka pengujian statistik dengan menggunakan uji t didapat thitung adalah 3.614 dan ttabel adalah 2.024. Karena thitung > ttabel atau 3,614> 2,024 dengan taraf signifikasi ? = 0.05 maka Ho ditolak. Artinya bahwa terdapat perbedaan kemampuan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dengan menggunakan strategi point counterpoint lebih berpengaruh dari pada metodekonvensional.Downloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Malini, . H. ., Kurniawan, E. Y. ., & Amaliyah, A. . (2022). Pengaruh Strategi Point Counterpoint terhadap Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 267–274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6573
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hema Malini, Eka Yulyawan Kurniawan, Aam Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).