Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6808Abstract
quasi eksperimen.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan kegiatan yang dilakukan guru selama 3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.Penelitian ini dilakukan dengan metode metode kuantitatif dengan rancangan kali pertemuan mengalami peningkatan meskipun belum menunjukan peningkatan yang cukup baik. Nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas control skornya jauh lebih baik dari tahap pretest. Hasil respon siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 2,83 dengan kriteria Setuju, pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 3,23 dengan kriteria Sangat Setuju. Nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan diterapkan media animasi dibandingkan dengan metode konvensional.Data posttest untuk kelas kontrol adalah 0,134 dan kelas eksperimen adalah 0,223 berdristribusi normal.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.Downloads
Published
2022-09-13
How to Cite
Nursafika, N., Alpusari, M., & Antosa, Z. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1550–1557. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6808
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nursafika Nursafika, Mahmud Alpusari, Zariul Antosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).