Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo

Authors

  • Nursafika Nursafika Universita Riau
  • Mahmud Alpusari Universitas Riau
  • Zariul Antosa Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6808

Abstract

quasi eksperimen.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan kegiatan yang dilakukan guru selama 3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.Penelitian ini dilakukan dengan metode metode kuantitatif dengan rancangan kali pertemuan mengalami peningkatan meskipun belum menunjukan peningkatan yang cukup baik. Nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas control skornya jauh lebih baik dari tahap pretest. Hasil respon siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 2,83 dengan kriteria Setuju, pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 3,23 dengan kriteria Sangat Setuju. Nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan diterapkan media animasi dibandingkan dengan metode konvensional.Data posttest untuk kelas kontrol adalah 0,134 dan kelas eksperimen adalah 0,223 berdristribusi normal.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Nursafika, N., Alpusari, M., & Antosa, Z. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 001 Kampung Baru Sentajo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1550–1557. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6808