Penggunaan Model Card Sort pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6797Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan menunjukkan tingkat pemahaman peserta didik masih rendah yang menyebabkan kurang maksimal nya tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sejarah karena pemilihan metode pembelajaran dan kurangnya peran atau keaktifan peserta didik dalam prose pembelajaran. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah perencanaan penggunaan card sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Bagaimanakah penggunaan card sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan Card Sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan.Untuk mendeskripsikan penggunaan model Card Sort pada pembelajaran Sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan model Card Sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Metode digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 2, guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Hasil yang didapatkan dari penggunaan model card sort adalah peserta didik lebih serius dan senang dalam belajar dengan model card sort ini dalam proses pembelajaran peserta didik lebih semangat, aktif dan mudah memahami dalam proses pembelajaran. Akan tetapi ketika metode baru diterapkan di suatu kelas pasti memiliki suatu kendala atau kesulitan seperti guru pada awalnya sulit dalam menyampaikan materi dan penggunaan model ini kendala yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung yang dialami peserta didik yaitu peserta didik tidak menguasai materi pembelajaran sehingga pada saat model diterapkan peserta didik masih ada yang memberikan jawaban yang salah. Proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort sangat penting untuk menunjang pembelajaran karena dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort peserta didik sangat antusias dalam belajar dan juga aktif dalam memberikan jawaban yang sudah disediakan pada kartu.Downloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Sundava, R. R. C. ., Meldawati, M., & Ersi, L. . (2022). Penggunaan Model Card Sort pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1496–1499. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6797
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rekha Rahmi Chania Sundava, Meldawati, Livia Ersi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).