Penggunaan Model Card Sort pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan

Authors

  • Rekha Rahmi Chania Sundava Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Meldawati Meldawati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Livia Ersi Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6797

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan menunjukkan tingkat pemahaman peserta didik masih rendah yang menyebabkan kurang maksimal nya tingkat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sejarah karena pemilihan metode pembelajaran dan kurangnya peran atau keaktifan peserta didik dalam prose pembelajaran. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah perencanaan penggunaan card sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Bagaimanakah penggunaan card sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan Card Sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan.Untuk mendeskripsikan  penggunaan model Card Sort pada pembelajaran Sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan model Card Sort pada pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Metode digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 2, guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Hasil yang didapatkan dari penggunaan model card sort adalah peserta didik lebih serius dan senang dalam belajar dengan model card sort ini dalam proses pembelajaran peserta didik lebih semangat, aktif  dan mudah memahami dalam proses pembelajaran. Akan tetapi ketika metode baru diterapkan di suatu kelas pasti memiliki suatu kendala atau kesulitan seperti guru pada awalnya sulit dalam menyampaikan materi dan penggunaan model ini kendala yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung yang dialami peserta didik yaitu peserta didik tidak menguasai materi pembelajaran sehingga pada saat model diterapkan peserta didik masih ada yang memberikan jawaban yang salah. Proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort sangat penting untuk menunjang pembelajaran karena dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort peserta didik sangat antusias dalam belajar dan juga aktif dalam memberikan jawaban yang sudah disediakan pada kartu.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Sundava, R. R. C. ., Meldawati, M., & Ersi, L. . (2022). Penggunaan Model Card Sort pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 di SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1496–1499. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6797