Analisis Perilaku Akademik Siswa pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Karang Tengah 12 Kota Tangerang

Authors

  • Dhita Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sunardin Sunardin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ino Budiatman Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku akademik siswa kelas IV dalam kegiatan diskusi pembelajaran PKn di SDN Karang Tengah 12. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Karang Tengah 12 menggunakan metode diskusi. Analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan membuktikan makna dari data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari penarikan kesimpulan tersebut dilakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan stringulasi data, yaitu membandingkan data hasil observasi langsung dengan data hasil wawancara, dan isi dokumentasi. Perilaku IV SDN Karang Tengah 12 termasuk dalam interpretasi sangat baik dengan indikator perilaku yang ditemukan berdasarkan data lapangan. Artinya dalam kegiatan pembelajaran tujuan yang telah digunakan tercapai dan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, metode pembelajaran diskusi kelompok memberikan dampak akademik yang positif bagi siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Safitri, . D., Sunardin, S., & Budiatman, I. . (2022). Analisis Perilaku Akademik Siswa pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Karang Tengah 12 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 236–242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6570