Diferensiasi Implementasi Supervisi Akademik Masa Pandemi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6549Abstract
Supervisi akademik menjadi alat pengontrol mutu dalam pengajaran dan pembelajaran. Konsep supervisi yang utama adalah proses membantu dalam pengembangan belajar mengajar sehingga dapat menjadi lebih baik. Selain hal tersebut yang menjadi keutamaan adalah bagaimana peranan kepala sekolah dalam mengawal program supervisi ini sehingga berjalan sesuai koridor penilaian. Di masa pandemi, hampir semua aspek terkendala. Di masa pandemi seharusnya kontrol pengajaran dan pembelajaran melalui supervisi harapannya terus dapat terlaksana dengan maksimal dan justru menjadi bahan refleksi bagi guru dan pimpinan manajemen sekolah terutama kepala sekolah untuk harus selalu berusaha tidak berhenti karena situasi pandemi ini, namun justru akan ada hal-hal baru yang berbeda dalam pelaksanaan supervisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang berbeda dalam pelaksanaan supervisi sebagai solusi dari situasi yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil wawancara yang telah ditranskrip lalu diolah menggunakan software Atlas.ti. Prosedur analisis yang digunakan yaitu dengan pendekatan studi kasus Miles & Huberman. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Dari hasil analisis, terdapat beberapa aspek dalam diferensiasi implementasi supervisi di masa pandemi, yaitu dalam langkah, praktik implementasi, fungsi, dan tindak lanjut supervisi. Hal utama yang utama tampak berbeda adalah pada aspek praktik implementasi, yaitu adanya kreasi instrumen,konsep administrasi, model supervisi.Downloads
Published
2022-09-02
How to Cite
Patmasari, . L., & Mahmudah, F. N. . (2022). Diferensiasi Implementasi Supervisi Akademik Masa Pandemi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 84–93. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6549
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Linda Patmasari, Fitri Nur Mahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).