Kompetensi Akademik Kepala Sekolah dalam Dinamika Kebijakan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di MI Al-Ihsan Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau

Authors

  • Muhammad Yunus Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitri Nur Mahmudah Universitas Ahmad Dahlan
  • Datuk Muhammad Nasaruddin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5990

Abstract

Kepala Sekolah harus mempunyai kapasitas sebagai leader, educator, fasilitator dan sebagai pimpinan dalam penyelenggaraan aktivitas pendidikan dan bertanggungjawab penuh terhadap pengelolaan kelembagaan sekolah berbasis akademik. Kemandirian dan kemampuan pengambilan keputusan cepat dan tepat sangat diperlukan pada diri Kepala Sekolah dalam menyikapi dinamika kebijakan akademik pemerintah terkait pembelajaran masa pandemi Covid-19. Terkait konsep dasar kompetensi akademik Kepala Sekolah maka penelitian ini urgent dan keharusan sifatnya agar multiplyer effect saat pandemi Covid-19 tidak semakin meluas dan sistemik. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Kebijakan pendidikan disekolah merupakan suatu hal yang harus jadi perhatian kita semua maulai dari pemerintah terkain sampai ke lapisan masyarakat tanpa terkecuali,karena pendidikan sangat penting dan harus terus belanjut untuk kemjuan intelektual masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Yunus, M., Mahmudah, F. N. ., & Nasaruddin, D. M. . (2022). Kompetensi Akademik Kepala Sekolah dalam Dinamika Kebijakan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di MI Al-Ihsan Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3092–3099. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5990