Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Ekonomi Kurang Mampu Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Alalak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6473Abstract
Motivasi belajar yaitu suatu perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang ditandai dengan timbulnya perasaan dari reaksi untuk mencapai suatu tujuan kata motif diartikan sebagai daya upaya sebagai dorongan seseorang untuk melakukan sesuatu, motif dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Jenis penelitian ini bersifat kualittatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai triangulasi dalam penelitian ini ada empat bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan maka: Upaya guru Bk dalam meningkatkan motivasi belajar peseta didik ekonomi kurang mampu sudah berjalan dengan baik dengan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu dan mengatasi permasalahan peserta didik ekonomi rendah, terbukti dengan adanya kegiatan gerakan siswa asuh (GSA) sebagai bentuk dalam motivasi belajar, yang dikelola guru Bk sebagai wujud bentuk kepedulian terhadap peserta didik dengan cara meringankan beban peserta didik ekonomi kurang mampu agar dapat melaksanakan kegiatan disekolah. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik ekonomi kurang mampu yaitu lingkungan peserta didik, peserta didik, dan kurang kerjasamanya orangtua peserta didik.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Handayani, Y. ., Sultani, S., & Aminah, A. (2022). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Ekonomi Kurang Mampu Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Alalak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6196–6202. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6473
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulia Handayani, Sultani, Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).