Dampak Prokrastinasi Akademik Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa Di Mts Negeri 1 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6095Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan gambaran kebiasaan siswa untuk menunda-nunda penyelesaian tugas akademik sehingga siswa gagal menyelesaikan tugas akademik yang diberikan oleh guru pada tepat waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subyek penelitian yaitu siswa MTs Negeri 1 Banjarmasin yang melakukan prokrastinasi akademik yang berjumlah 5 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak prokrastinasi akademik terhadap penilaian hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen wawancara untuk memperoleh data tentang dampak prokrastinasi akademik dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan terbagi dalam 4 bagian, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa prokrastinasi akademik berdampak terhadap penilaian hasil belajar, dimana siswa yang melakukan prokrastinasi akademik mendapatkan hasil belajar yang rendah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dan acuan terhadap perkembangan penelitian selanjutnya tentang dampak prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Annisa, M. I. ., Wardah, A. ., & Aminah, A. (2022). Dampak Prokrastinasi Akademik Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa Di Mts Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3886–3891. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6095
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muthia Isma Annisa, Ani Wardah, Aminah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).