Problematika Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid-19 Desa VIII Timbang Lawan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6374Abstract
Belajar di rumah menjadikan terputusnya rantai penyebaran COVID-19. Pada menerapkan sistem belajar berasal rumah, orang tua sangat berperan krusial dalam proses belajar siswa selama sistem pembelajaran jeda jauh yang diterapkan seperti kini ini, jadi dengan adanya belajar dari tempat tinggal, orangtua lah yang menjadi pendidik pada tempat tinggal menjadi pengganti guru. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui apa saja yang sebagai problematika orang tua pada mendidik anak di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan memvalidasi keakuratan info, teknik keabsahan data menggunakan uji internal validitas (dapat dipercaya), eksternal validitas (transferabilitas), reliablitas (dependability), objektivitas (konfirmabilitas). hasil penelitian diperoleh bahwa problematika orang tua pada mendidik anak di masa pandemi covid-19 diantaranya mood anak yang sering berubah, anak menjadi kurang disiplin, anak merasa bosan belajar dirumah, orang tua membutuhkan tambahan kuota buat melancarkan kegiatan BDR. Adapun upaya upaya yang bisa dilakukan pada menuntaskan problematika tersebut salah satunya menggunakan cara menciptakan komunikasi yang baik supaya terbentuk mood yang baik bagi anak, khususnya buat melaksanakan pembelajaran jarak jauh, membimbing, serta memberikan motivasi pada anak agar lebih disiplin, menyampaikan edukasi kepada anak, melakukan variasi dan inovasi aktivitas di tempat tinggal supaya anak tidak cepat bosan.Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Daulay, N. ., Batubara, I. A. ., Sitompul, M. R. ., Habib, M. ., & Hsb, R. S. N. . (2022). Problematika Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid-19 Desa VIII Timbang Lawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5646–5651. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6374
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurussakinah Daulay, Ikrimah Amalah Batubara, Miftahur Rahmi Sitompul, Muhammad Habib, Rafika Syifa Nirwana Hsb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).