Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VB SDN 168 Pekanbaru

Authors

  • Datin Suri Perdana Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6365

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia selama kurang lebih 2 tahun mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Selama pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran dilakukan secara online dari rumah. Namun sejak awal tahun 2022, kasus covid-19 di Indonesia mulai menurun dan pembelajaran tatap muka mulai dilaksanakan secara bertahap oleh sekola-sekolah. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka setelah pandemi covid-19 menemukan banyak kesulitan. Salah satunya pada pembelajaran matematika. Dimana banyak ditemukan kesulitan-kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VB SDN 168 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data memalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada 4 kesulitan belajar matematik yang dialami oleh siswa selama pandemi, yakni kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer pengtahuan, kesulitan dalam memhami bahasa matematika dan kesulitan dalam persepsi visual.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Perdana, . D. S. ., & Ramadan, Z. H. . (2022). Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VB SDN 168 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5567–5573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6365