Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VB SDN 168 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6365Abstract
Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia selama kurang lebih 2 tahun mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Selama pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran dilakukan secara online dari rumah. Namun sejak awal tahun 2022, kasus covid-19 di Indonesia mulai menurun dan pembelajaran tatap muka mulai dilaksanakan secara bertahap oleh sekola-sekolah. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka setelah pandemi covid-19 menemukan banyak kesulitan. Salah satunya pada pembelajaran matematika. Dimana banyak ditemukan kesulitan-kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VB SDN 168 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data memalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada 4 kesulitan belajar matematik yang dialami oleh siswa selama pandemi, yakni kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer pengtahuan, kesulitan dalam memhami bahasa matematika dan kesulitan dalam persepsi visual.Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Perdana, . D. S. ., & Ramadan, Z. H. . (2022). Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VB SDN 168 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5567–5573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6365
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Datin Suri Perdana, Zaka Hadikusuma Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).