Peran Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Animasi Dalam Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Teknik Anugerah SOE Kelas X TKJ 1 Tahun Ajaran 2022

Authors

  • Maria Junita Mustanu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Jonatan Leobisa Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hendrik A. E. Lao Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Timoteus Ajito Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media animasi dalam modul pembelajaran PAK, serta mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media animasi pada mata pelajaran PAK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data dikumpulkan melalui: 1) observasi, untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran PAK, 2) wawancara, untuk mendapat berbagai informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran PAK, 3) dokumentasi dan dokumen-dokuman untuk memperoleh data yang berhubungan dengan pembelajaran PAK, seperti silabus-RPP. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) guru PAK di SMK Teknik Anugerah SoE melaksanakan perannya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan merancangkan kegiatan pembelajaran (RPP), mempersiapkan media animasi sebelum mengajar, mempersiapkan sarana prasarana penunjang pembelajaran, serta melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan pengelolaan kelas yang baik, menggunakan stategi, metode dan media yang bervariasi. Guru PAK memotivasi siswa dengan cara menggunakan animasi dalam modul PAK agar siswa memiliki kemauaan untuk belajar, memberikan pujian,hukuman,dorongan, dan mengevaluasi hasil kerja siswa. 2) kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media animasi pada mata pelajaran PAK ialah guru kurang terampil menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam hal ini mendesain animasi sehingga masih membutuhkan bantuan dari guru lain, kurangnya sarana prasarana penunjang pembelajaran seperti pyoyektor di kelas, serta ketidak stabilan jaringan internet juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran PAK. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa Guru PAK di SMK Teknik Anugerah SoE telah melaksanakan perannya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media animasi dalam modul PAK. Namun,dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala yang alami.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Mustanu, . M. J. ., Leobisa, . J. ., Lao, H. A. E. ., & Ajito, T. . (2022). Peran Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Animasi Dalam Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Teknik Anugerah SOE Kelas X TKJ 1 Tahun Ajaran 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5076–5084. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6283