Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Teknik Ingatan dan Hasil Belajar Pada Peserta Didik di SD Negeri Nenas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5418Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode fun learning dan teknik ingatan terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri Nenas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Nenas yang terdiri dari 18 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tes awal (pretest) yaitu tes sebelum pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest) terhadap kelas eksperimen setelah di diberi perlakuan yaitu penerapan metode fun learning dan teknik ingatan untuk melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik inferensial dan dilakukan uji-t menggunakan sofware SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti dalam menggunakan metode fun learning dan teknik ingatan berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 yang artinya lebih kecil dari ? 0,05. Sedangkan dari skor persentase hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan (pretest) diperoleh 3 peserta didik dalam kategori baik dengan persentase 17% kemudian mengalami peningkatan setelah metode fun learning diterapkan hal ini dapat dilihat pada skor persentase setelah perlakuan (posttest) diperoleh 14 peserta didik dalam kategori baik dengan persentase 78%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fun learning dalam teknik ingatan (mnemonic device) dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik di kelas IV SD Negeri Nenas.Downloads
Published
2022-07-16
How to Cite
Seko, A. F. ., Lao, H. A. E. ., Kolo, C. ., & Ajito, T. . (2022). Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Teknik Ingatan dan Hasil Belajar Pada Peserta Didik di SD Negeri Nenas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1176–1179. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5418
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ani Ferlina Seko, Hendrik A. E. Lao, Clemens Kolo,Timoteus Ajito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).