Analisis User Experience pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Authors

  • Calvin CS Hutasoit Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adhi Rizal Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6269

Abstract

Universitas Singaperbangsa Karawang adalah salah satu perguruan tinggi yang memanfaatkan website sebagai media untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Penggunaan website sebagai media untuk menyampaikan informasi seputar kampus menuntut performa website yang baik agar dapat diakses dengan mudah oleh seluruh mahasiswa. Kepuasan pengguna adalah salah satu faktor penentu tingkat usability. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi Heuristic untuk menemukan masalah usability dalam desain antarmuka. Ada sepuluh prinsip Heuristic yang digunakan, yaitu: Match the real world, consistency and standards, help and documentation, user control and freedom, visibility and system status, flexibility and efficiency, error prevention, recognition rather than recall, erorr reporting, diagnosis, and recovery, dan aesthetic and minimalist design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi literatur, observasi dengan lembar penilaian, dan kuesioner kepada responden. evaluasi dilakukan dengan menetapkan prinsip heuristic yang digunakan, Menyusun instrumen penelitian, memilih responden, dan melakukan pengumpulan data. Evaluasi menemukan beberapa temuan masalah yang tersebar dalam sepuluh prinsip heuristix. Setiap temuan masalah dianalisis dan diberikan rekomendasi perbaikan dengan merujuk pada artikel ilmiah atau jurnal yang relevan.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Hutasoit, . C. C. ., Heryana, N. ., & Rizal, A. . (2022). Analisis User Experience pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5001–5008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6269

Most read articles by the same author(s)