Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rama Amanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Didi Juardi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8454

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan mampu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki wawasan dan keterampilan yang kompeten di berbagai bidang. Kegiatan belajar mengajar di SDN Segarjaya 1 menggunakan kurikulum 2013 tematik. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar materi pengenalan hewan berdasarkan habitatnya masih menggunakan buku sebagai pedoman karena masih sulit untuk mengembangkan media baru yang lebih interaktif. Akibatnya siswa cenderung kurang motivasi untuk belajar dan kurang aktif ketika di dalam kelas, hal itu tentunya membuat kesulitan dan menghambat siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Dengan hal tersebut maka dikira perlu adanya pengembangan yang dilakukan pada media pembelajaran di SDN Segarjaya 1. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah media pembelajaran pengenalan hewan berbasis multimedia interaktif. Metode yang digunakan adalah Research & Development dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dirancang menggunakan aplikasi Unity Game Engine. Hasil pengujian alpha dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 90,67%, dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81,33% kemudian pada pengujian beta mendapatkan nilai sebesar 98,32% dan jika di konversi ke tabel likert masuk ke dalam kategori sangat layak.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Amanah, . R. ., Juardi, D. ., & Heryana, N. . (2022). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1824–1834. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8454