Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8454Abstract
Pendidikan adalah suatu hal yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan mampu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki wawasan dan keterampilan yang kompeten di berbagai bidang. Kegiatan belajar mengajar di SDN Segarjaya 1 menggunakan kurikulum 2013 tematik. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar materi pengenalan hewan berdasarkan habitatnya masih menggunakan buku sebagai pedoman karena masih sulit untuk mengembangkan media baru yang lebih interaktif. Akibatnya siswa cenderung kurang motivasi untuk belajar dan kurang aktif ketika di dalam kelas, hal itu tentunya membuat kesulitan dan menghambat siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Dengan hal tersebut maka dikira perlu adanya pengembangan yang dilakukan pada media pembelajaran di SDN Segarjaya 1. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah media pembelajaran pengenalan hewan berbasis multimedia interaktif. Metode yang digunakan adalah Research & Development dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dirancang menggunakan aplikasi Unity Game Engine. Hasil pengujian alpha dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 90,67%, dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81,33% kemudian pada pengujian beta mendapatkan nilai sebesar 98,32% dan jika di konversi ke tabel likert masuk ke dalam kategori sangat layak.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Amanah, . R. ., Juardi, D. ., & Heryana, N. . (2022). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1824–1834. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8454
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rama Amanah, Didi Juardi, Nono Heryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).