Peran Layanan Konseling Individu terhadap Motivasi Belajar Siswa di Desa Timbang Lawan

Authors

  • Nurussakinah Daulay Universitas Islam Negeri sumatra Utara
  • Amalia Anjani Purba Universitas Islam Negeri sumatra Utara
  • Ade Maulida Rahmi Universitas Islam Negeri sumatra Utara
  • Deni Risky Wahyudi Universitas Islam Negeri sumatra Utara
  • Hilda Amaliyah Lubis Universitas Islam Negeri sumatra Utara
  • Putri Karlina Nasution Universitas Islam Negeri sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di sekolah desa Timbang lawan. Penelitian ini difokuskan pada peran guru dalam membina motivasi belajar siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian jurnal ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari beberapa studi literatur, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa khususnya terhadap prestasi belajar siswa. Semakin tinggi motivasi siswa maka semakin baik prestasi belajarnya. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar siswa maka akan semakin sulit bagi siswa tersebut untuk mencapai prestasi belajarnya.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Daulay, . N. ., Purba, A. A. ., Rahmi, . A. M. ., Wahyudi, D. R. ., Lubis, H. A. ., & Nasution, P. K. . (2022). Peran Layanan Konseling Individu terhadap Motivasi Belajar Siswa di Desa Timbang Lawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4872–4876. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6246

Most read articles by the same author(s)