Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021

Authors

  • Putri Kurniawati Akademi kebidanan saleha, Banda Aceh
  • Desria Mauliati Akademi kebidanan saleha, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6117

Abstract

Telah dilakukan sebuah penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dalam kesiapan menghadapi menarche pada siswi kelas V SDN Unggul Darul Imarah. Penelitian ini dilakukan karena selama ini sebagian masyarakat merasa tabu untuk membicarakan tentang masalah menstruasi di dalam keluarga, dimana orang tua merasa malu dan tabu jika harus membicarakan masalah menstruasi pada anaknya. Data yang diperoleh dari SDN Unggul Darul Imarah kabupaten Aceh Besar tahun 2021, kelas v terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa dan siswi sebanyak 114 orang yang terdiri dari siswa sebanyak 41 orang dan siswi 73 orang, yang belum menstruasi sebanyak 52 orang dan yang sudah menstruasi sebanyak 21 orang. Metode penelitia bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dengan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh informasi terhadap pengetahuan dengan nilai p value 0,002, terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap pengetahuan dengan p value 0,011, terdapat pengaruh teman sebaya terhadap pengetahuan dengan p value 0,003 dan terdapat pengaruh umur terhadap pengetahuan dengan p value 0,005, sehingga ada pengaruh informasi, dukungan keluarga, peran teman sebaya dan umur terhadap pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche. Bisa disimpulkan bahwa adanya hubungan informasi dukungan keluarga peran teman sebaya dan umur dengan pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Kurniawati, . P. ., & Mauliati, D. . (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4035–4041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6117

Most read articles by the same author(s)