Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6117Abstract
Telah dilakukan sebuah penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dalam kesiapan menghadapi menarche pada siswi kelas V SDN Unggul Darul Imarah. Penelitian ini dilakukan karena selama ini sebagian masyarakat merasa tabu untuk membicarakan tentang masalah menstruasi di dalam keluarga, dimana orang tua merasa malu dan tabu jika harus membicarakan masalah menstruasi pada anaknya. Data yang diperoleh dari SDN Unggul Darul Imarah kabupaten Aceh Besar tahun 2021, kelas v terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa dan siswi sebanyak 114 orang yang terdiri dari siswa sebanyak 41 orang dan siswi 73 orang, yang belum menstruasi sebanyak 52 orang dan yang sudah menstruasi sebanyak 21 orang. Metode penelitia bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dengan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh informasi terhadap pengetahuan dengan nilai p value 0,002, terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap pengetahuan dengan p value 0,011, terdapat pengaruh teman sebaya terhadap pengetahuan dengan p value 0,003 dan terdapat pengaruh umur terhadap pengetahuan dengan p value 0,005, sehingga ada pengaruh informasi, dukungan keluarga, peran teman sebaya dan umur terhadap pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche. Bisa disimpulkan bahwa adanya hubungan informasi dukungan keluarga peran teman sebaya dan umur dengan pengetahuan siswi dalam kesiapan menghadapi menarche.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Kurniawati, . P. ., & Mauliati, D. . (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan dalam Kesiapan menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SDN Unggul Darul Imarahkabupaten Aceh Besar Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4035–4041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6117
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Kurniawati , Desria Mauliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).