Instagram Sebagai Media Substitusi Papan Bimbingan Untuk Generasi Z

Authors

  • Yekti Sukma Adyastri Universitas Ahmad Dahlan
  • Sri Hartini Universitas Ahmad Dahlan
  • Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo Universitas Ahmad Dahlan
  • Rini Siswanti SMP N 3 Sentolo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6074

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman dan inovasi baru dalam layanan bimbingan melalui penggunaan media sosial sebagai media substitusi papan bimbingan untuk Generasi Z. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah Generasi Z. Generasi Z merupakan kelahiran 1997-2021, antara 10-25 pada tahun 2022. Instrumen data menggunakan dokumentasi penelitian yang relevan dengan: 1) pelaksanaan layanan bimbingan konseling, 2) penggunaan media papan bimbingan dan 3) Instagram dalam kegiatan pembelajaran atau bimbingan konseling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari sumber yang relevan yaitu: 1) buku, 2) jurnal, 3) prosiding, 4) skripsi, 5) thesis serta penelitian lain yang sejenis. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tahapan: 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) interpretasi data. Berdasarkan hasil interpretasi studi kepustakaan pada berbagai sumber yang relevan diperoleh kesimpulan konten dalam papan bimbingan : 1) bahan bacaan, 2) poster, 3) komik, 4) cerpen, 5) pesan atensi dan 6) hiburan/permainan dapat diunggah secara digital dalam berbagai fitur Instagram tanpa mengurangi esensi konten yang diunggah. Dengan demikian Instagram dapat dijadikan sebagai media substitusi papan bimbingan untuk Generasi Z.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Adyastri, . . Y. S. ., Hartini, . S. ., Agungbudiprabowo, A., & Siswanti , R. (2022). Instagram Sebagai Media Substitusi Papan Bimbingan Untuk Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3808–3814. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6074