Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian

Authors

  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mohammad Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5957

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dalam menyusun proposal penelitian skripsi. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai  pada Tahun akademik 2021/2022. Sampel penelitian yakni mahasiswa kelas D yang berjumlah 41 orang yang bertugas menyusun proposal skripsi sebagai luaran dari mata kuliah metodologi penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Analisis data untuk data kuantitatif menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis reduksi data, display data, verifikasi, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis proposal penelitian mahasiswa semester VI S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai tahun akademik 2021/2022 masih tergolong dalam kualifikasi cukup dengan skor rata-rata 64,81. Kemampuan terendah terdapat pada aspek metodologi penelitian dan kemampuan tertinggi pada aspek penyusunan atau perumusan judul penelitian dengan skor 77,20.

Author Biography

Rizki Ananda, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Wahyuni, M., Ananda, R. ., & Fauziddin, M. (2022). Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2944–2950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5957

Most read articles by the same author(s)