Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Dengan Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I

Authors

  • Joko Pitoyo Universitas Ahmad Dahlan
  • Roni Sulistiyono Universitas Ahmad Dahlan
  • Muryanto Muryanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5783

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar  Tema Dearah Tempat Tinggalku Menggunakan Model PBL Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I.   Penelitian ini dilaksanakan   di kelas IV SDN Pampang I, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini berfokus pada keaktifan dan hasil belajar pada tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV.  PTK ini menggunakan dua  siklus seperti yang dikemukakan oleh Mc. Taggart, dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik  kelas IV  SD Negeri Pampang I tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat diketahui dari perolehan data dari siklus I dan siklus II. Dimana siklus I pelaksanaan model Problem based learning tercapai sebesar  81,93% dan dapat meningkatkan keaktifan sebesar 81,07 dan hasil belajar sebesar 81,29 Pada siklus II pelaksanaan model Problem based learning tercapai sebesar 83,21% dan dapat meningkatkan keaktifan sebesar 83,07 dan hasil belajar sebesar 83,5.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Pitoyo, . J. ., Sulistiyono, R. ., & Muryanto, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Dengan Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2324–2329. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5783