Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Dengan Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5783Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tema Dearah Tempat Tinggalku Menggunakan Model PBL Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pampang I, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini berfokus pada keaktifan dan hasil belajar pada tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. PTK ini menggunakan dua siklus seperti yang dikemukakan oleh Mc. Taggart, dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri Pampang I tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat diketahui dari perolehan data dari siklus I dan siklus II. Dimana siklus I pelaksanaan model Problem based learning tercapai sebesar 81,93% dan dapat meningkatkan keaktifan sebesar 81,07 dan hasil belajar sebesar 81,29 Pada siklus II pelaksanaan model Problem based learning tercapai sebesar 83,21% dan dapat meningkatkan keaktifan sebesar 83,07 dan hasil belajar sebesar 83,5.Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Pitoyo, . J. ., Sulistiyono, R. ., & Muryanto, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Dengan Menggunakan Model Pbl Pada Siswa Kelas IV SDN Pampang I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2324–2329. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5783
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Joko Pitoyo, Roni Sulistiyono, Muryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).