Penerapan Model CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

Authors

  • Heru Pramono Universitas Ahmad Dahlan
  • Roni Sulistiyono Universitas Ahmad Dahlan
  • Muryanto Muryanto SDN Kemejing

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5858

Abstract

Latar belakang penelitian adalah permasalahan siswa kelas V sekolah dasar. Permasalahannya adalah rendahnya aktivitas belajar siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas individu. Pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan siswa tidak sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas tipe Kemmis dan Mc Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan melalui dua siklus. Subyek penelitian adalah 30 siswa di SDN V Kemejing. Data dikumpulkan melalui observasi lembar aktivitas siswa dan post-test dalam analisis kuantitatif dan kualitatif. Data analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kriteria keduanya sangat aktif. Selain itu, hasil post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dari kriteria cukup (C) menjadi baik (B). Disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V.

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Pramono, . H. ., Sulistiyono, R. ., & Muryanto, M. (2022). Penerapan Model CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2626–2637. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5858