Penerapan Model CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5858Abstract
Latar belakang penelitian adalah permasalahan siswa kelas V sekolah dasar. Permasalahannya adalah rendahnya aktivitas belajar siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas individu. Pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan siswa tidak sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas tipe Kemmis dan Mc Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan melalui dua siklus. Subyek penelitian adalah 30 siswa di SDN V Kemejing. Data dikumpulkan melalui observasi lembar aktivitas siswa dan post-test dalam analisis kuantitatif dan kualitatif. Data analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kriteria keduanya sangat aktif. Selain itu, hasil post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dari kriteria cukup (C) menjadi baik (B). Disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V.Downloads
Published
2022-08-05
How to Cite
Pramono, . H. ., Sulistiyono, R. ., & Muryanto, M. (2022). Penerapan Model CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2626–2637. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5858
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Heru Pramono, Roni Sulistiyono, Muryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









